TUGAS DAN WEWENAGN DIREKTUR OPERASIONAL

BrewokWEB.com - Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah mengulas mengenai Tugas dan Job Deskripsi Direktur dan kali ini kita akan membahas jabatan direktur pada bagian tertentu. Karena sesungguhnya di perusahaan-perusahaan besar, biasa jabatan direktur itu di uraikan sesuai bidang-bidang yang dibutuhkan dalam perusahaan. Nah, salah satu jabatan yang akan kita bahas kali ini adalah direktur operasional.

APA ITU DIREKTUR OPERASIONAL??

Direktur operasional adalah merupakan suatu fungsi kerja di sebuah perusahaan atau instansi yang bertanggung jawab pada semua aktivitas operasional perusahaan yang di bawahinya, mulai dari perencanaan proses hingga bertanggung jawab pada hasil akhir proses.
Deskripsi tugas Direktur Operasional ini biasanya mengikuti bidang perusahaan dimana ia bekerja, misalnya tugas direktur operasional transjakarta tentu akan berbeda dengan direktur operasional pertamina mengingat kedua perusahaan tersebut berkecimpung di dua bidang pekerjaan yang berbeda pula.

TUGAS DAN WEWENANG DIREKTUR OPERASIONAL

Dalam struktur perusahaan seorang direktur operasional berada di bawah langsung seorang direktur utama. Tugas dan tanggug jawab direktur utama sebelumnya sudah pernah kami ulas, bisa Anda lihat di sini.  Untuk mengetahui apa saja  deskripsi tugas direktur operasional perusahaan, berikut ini tugas dan tanggung jawab direktur operasional :
  1. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi seluruh pelaksanaan operasional perusahaan
  2. Membuat standar perusahaan mengenai semua proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi
  3. Membuat stategi dalam pemenuhan target perusahaan dan cara mencapai target tersebut
  4. Membantu tugas-tugas direktur utama
  5. Mengecek, mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan
  6. Merencanakan, menentukan, mengawasi, mengambil keputusan dan mengkoordinasi dalam hal keuangan untuk kebutuhan operasional perusahaan
  7. Mengawasi seluruh karyawan apakah tugas yang dilakukan sesuai dengan standar operasional perusahaan
  8. Bertanggung jawab pada pengembangan kualitas produk ataupun karyawan
  9. Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama
  10. Bertanggung jawab pada proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi
Tugas dan wewenang direktur operasional perusahaan memang banyak dan tidak mudah, karena tugas dan tanggung jawabnya yang besar. Biasanya seorang direktur operasional memiliki asisten yang membantunya dalam menjalankan tugas-tugasnya.

KRITERIA DIREKTUR OPERASIONAL

Seorang direktur operasional haruslah yang cerdas dan memiliki wawasan luas ☺ Anda ingin menjadi direktur opersional handal di perusahaan impian Anda ? baca dulu syarat dan kriteria untuk menjadi seorang direktur operasional berikut ini :
  1. Berperilaku baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana
  2. Menguasai ilmu-ilmu dasar administrasi, keuangan, pembukuan dan urusan umum
  3. Dapat berkomunikasi dengan baik
  4. Mampu berbahasa asing
  5. Memiliki jiwa pemimpin
  6. Dapat memperkirakan dan memprediksi peluang dan resiko dalam bekerja
  7. Bijaksana, sabar, teliti, tegas dan jujur
  8. Dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
  9. Dapat menjadi panutan dan menginspirasi bawahannya
Dengan alasan setiap bidang perusahaan berbeda-beda Job description direktur operasional di atas mungkin belum semuanya tertulis, namun paling tidak Anda mengetahui beberapa point penting tugas wewenang seorang direktur operasional.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Tugas dan tanggung jawab Direktur Operasional, semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengincar posisi jabatan tersebut.
Sumber : KLIK DISINI

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar